Pages

Subscribe:

Sabtu, 02 Maret 2013

BELAJAR DASAR GITAR 2




Pada artikel yang sebelumnya saya menulis tentang belajar gitar dasar, yaitu belajar gitar mulai dari pengenalan chord yang sangat dasar, sekarang kita coba untuk mengulas lebih lanjut tentang kenapa posisi kunci yang kemarin seperti itu?, pada dasarnya bermain music tidak terlepas dengan nada, jika kita belajar gitar berati kita harus tau tentang nada, jika kita mengingat kitika masih  di sekolah kita sering di ajari tentang solmisasi, yaitu Do Re Mi Fa Sol La Si Do’. Pada dasarnya kunci atau chord adalah berasal dari situ.
C=Do=1,D= re=2,E= mi=3,F= fa=4,G= sol=5,A= la=6,B= si=7, C’=do’=1’.
Tang tertulis di atas adalah urutan serta lambang angka ang digunakan, jika kita mempelajari kunci sebenarnya kunci gitar itu adalah tri nada atau tiga nada dari nada yang bersangkutan, tetapi dengan sarat harus melompati 1 nada. Misalnya:
Kunci C berarti C E G/ 135 dan seterusnya…
Dan kord ini bisa di jadikan sebagai dasar untuk bermain melodi dasar, jika kita memainkan dengan iringan cord C major maka putaran melodi harus dengan dasar C major juga, dan untuk penekanan yng pertama dan yang terahir kalian bisa menggunakan salah satu dari unsur kor tersebut, misalnya menggunakan cord C major maka bisa menggunakan nada C, E atau G.
 

Pada gambar cor di ats ni menunjukkan bahwa yang bawah sendiri adalah senar E kemudian senar no. Kedua (yang di beri no 1) adalah C, senar netral no. 3 yaitu G, kemudian senar atasnya ( yang diberi no. 2) adalah senar E, dan atasnya lagi ( yangdi beri no 3) adalah C. Dan dari penjelasan di atas pada prinsipnya adalah hanya terdapat tiga nada saja, yaitu C E dan G.

0 komentar:

Posting Komentar