Pages

Subscribe:

Senin, 04 Februari 2013

UNSUR-UNSUR MUSIK



Music adalah sekumpulan suara yang terkomposisis sedemikian rupa dengan unsur-unsur di dalamnya, unsur-unsur music diantaranya:
a. Suara
Istilah lain dari suara adalah bunyi, bunyi berasal dari sauatu getaran tertentu yang kemudian membentuk subuah gelombang suara.
b. Nada

Nada merupakan suara yang memiliki tinggi nada tertentu menurut jaraknya, nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda, tangga nada yang paling lazim adalkah tangga nada mayor, tangga nada minor.
c. Ritme / Irama
Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu.
d. Melodi
Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendiri yaitu tanpa iringan atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu.
e. Harmoni
Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan.Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord.
f.  Notasi
Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik.Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu digambarkan secara horizontal.Musik adalah perpaduan keseimbangan antara unsur-unsur musik.Unsur-unsur musik diantaranya suara, nada, ritme, melodi, harmoni dan notasi.Musik menjadi bagian alami dari kehidupan.



0 komentar:

Posting Komentar