Pages

Subscribe:

Minggu, 12 Januari 2014

MUSIK NUSANTARA


Musik tradisional Nusantara dibagi menjadi beberapa jenis,anntara lain sebagai berikut : 

A. Musik Tradisional Aceh   Musik tradisional Aceh mendapat pengaruh dari agama islam.Alat musik yang di pergunakan dalam musik Aceh,antara lain rebana, canangtring, suling(bangsai), gambus, gensang, marwas, dan hareu. 

B. Musik Tradisional Sumatra Utara(Batak) Musik di daerah Batak mendapat pengaruh dari musik gereja. Jenis musiknya di sebut dengan gondang atau tataganing.
Alat musik yang di pengaruhi adalah sebagai berikut : 
1)   Seruling dengan nama seperti salonat, salodop, sordam, tarafat.
2)    Gerantung(gambang). 
3)    Gendang yang di namakan tataganing atau gondang. 
4)    Tanggetong atau nungneng, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan memukul pada benda. Sumber bunyinya di hasilkan dari tali atau dawai.
5)    Hasapi, kulcapi, arbab,dan hapetan yang dapat di laras ataupun dapat distem. 

C. Musik Tradisional Nias Musik tradisional Nias, pada umumnya untuk mengiringi suatu cerita yang mendatangkan roh-roh dari alam gaib. Alat musik yang di pergunakanya, antara lain sebagai berikut: 
1)    Gendang dengan panjang hingga tiga meter dengan 2 kuli. Alat musik ini disebut juga sebagai gendera, todrahi, tamburu, taburana, dan cucu.
2)   Ada dua macam gong. Gong kecil yang di namakan sairama atau faritia dan gong besar yang di namakan gong. 
3)    Suling bisa di sebut dengan nama sigu mbawa, suruni mbawa.
4)    Druridana, yaitu garpu tala bambu. 
5)    Kecapi yang di namakan dengan sebutan koko.
6)    Rebab yang di sebut lagiya. 

D. Musik Tradisional Sumatra Barat(Minangkabau) Musik tradisional dari Sumatra Barat yang terkenal , yaitu talempong.Musik talempong menggunakan alat musik campuran , yaitu alat musik daerah setempat dan alat musik Barat. Alat-alat musik tersebut adalah sebagai berikut : 
1) Alat Musik Daerah : 
a) Alat musik perkusi, seperti gendang besar(gendang dol), gendang sedang, rebana, talempong, katipung, dan gong(canang). 
b) Alat musik tiup, seperti suling, saluang, bansai, puput batak padi, puput tanduk, dan bansi.
2) Alat Musik Barat Contoh alat musik Barat, antara lain gitar, terompet, dan biola

E. Alat Musik Tradisional Riau Riau memiliki dua musik tradisional yang terdiri atas musik gambus, dan orkes Melayu. 
1)       Musik Gambus Musik gambus mendapat pengaruh dari agama islam. Musik ini mempunyai nama cinta dan Islam. Pemain musik gambus merangkap sebagai penyanyi atau vokalis. Alat musik yang di gunakan, antara lain gambus, rebana, dan biola. 
2)       Orkes Melayu Orkes Melayu merupakan musik yang membawa lagu-lagu Melayu asli.Alat musik yang di gunakan, antara lain akordeon, empat buah gendang melayu dan gong kecil. Orkes ini dalam perkembangannya merupakan musik Melayu atau yang pada saat ini di kenal dengan musik dangdut. 

F. Musik Tradisional Jakarta(Betawi) Musik tradisional dari Jakarta(Betawi), antara lain gambang kromong dan tanjidor.
1)      Gambang Kromong Gambang kromong merupakan perpaduan antara musik gamelan dengan alat musik Barat.Pada umumnya,musik gambang kromong dimainkan oleh sekelompok masyarakat asli dan masyarakat Tionghoa.Dengan demikian,tangga nada yang di pergunakan adalah nada pentatonis Cina.Alat musik yang di gunakan,antara lain gong,gendang,bonang,krecek,rebab,biola,gambang,dan suling. 
2)      Tanjidor Tanjidor merupakan musik tradisional yang memiliki ciri yang khas,yaitu menggunakan dan dilengkapi dengan bas drum(gederang).Para pemain musiknya bermusik sambil berdiri. 

 G. Musik Tradisional Jawa Barat Jawa barat memiliki keanekaragaman jenis musik tradisional,antara lain sebagai berikut ini : 
1)      Gamelan Degung Degung merupakan seperangkat gamelan yang memiliki ciri khas tertentu.Alat musik yang di pergunakan,yaitu bonang,saron,rincik,rebab,gendang,kecapi,suling,peking,gong,dan jenglong.Gamelan degung di kenal sejak zaman kerajaan Pajajaran.Gamelan degung dalam kehidupan sehari-hari berfungsi untuk mengiringi berbagai upacara keagamaan dan mengiringi sendra tari(sebagai hiburan). 
2)      Angklung Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang dimainkan dengan cara dikocok(digoyang).Musik angklung menggunakan tangga nada diatonis. 
3)      Calung Calung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu .Calung merupakan seperangkat alat musik yang cara memainkkannya dengan cara di pukul.Tangga nada yang dipergunakannya adalah pentatonis berlanras pelog dan selendro.Calung terdiri atas calung gamelan,calung gambang,dan calung jingjing. 
4)      Tarling Tarling merupakan singkatan dari gitar dan suling.Musik tarling berasal dari Cirebon.Pada awalnya,alat tarling berasal dari gamelan bambu.kemudian,berkembang pada gamelan yang terbuat dari perunggu atau besi dan menggunakan alat musik kecapi.Setelah mendapat pengaruh dari musik Barat,kecapi diganti oleh alat musik gitar. 
5)      Calempungan Calempungan adalah musik tradisional yang mengutamakn vokal atau nyanyian.alat musik yang dippergunakan,yaitu calempung(bambu besar yang di beri dawai),rebab,kecapi,gendang,dan gong. 
6)      Arumba Arumba merupakan singkatan dari alunan rumbun bambu.Pada dasarnya arumba memiliki kemiripan dengan musik angklung. 
7)      Kliningan atau Klenengan Klenengan adalah suatu permainan musik gamelan yang menggunakan vokal atau nyanyian.Didalam mengiringi nyanyian ,musik keliningan di lengkapi dengan gendang yang berfungsi mengiringi suat tarian.
8)      Gending Cianjuran Gending Cianjuran merupakan jenis musik tradisional yang mengutamakan vokal/nyanyian.Didalam mengiringi vokal,alat musik yang di pergunakan adalah suling,kecapi,dan rebab. 

H. Musik Tradisional Jawa Musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah dan Jwa Timur,yaitu gamelan.Musi gamelan menggunakan tangga nada pentatonis yang belaras pelog dan salendro.Gamelan di Jawa memiliki nama-nama seperti gamelan gede,gamelan munggang,gamelan sekatem,dan gamelan kodok ngorek.Fungsi musik gamelan,antara lain untuk mengiringi upacara adat(seperti pernikahan dan khitanan),hiburan,dan mengiringi pertunjukan(wayang orang atau wayang kulit). 

I. Musik Tradisional Kalimantan Musik tradisional Kalimantan memiliki ciri khas musik suku Dayak dengan alat musik berikut. 
1)      Kacapi atau sampek merupakan alat musik semacam lute yang di mainkan dengan cara di petik. 
2)      Sulit di sebut koledi atau keruri atau kedire. 
3)      Gong yang disebut sebagai tawak. 
4)      Gendang besar dan gendang kecil. Selain itu,daerah Banjarmasin terdapat orkes karawitan khas daerah banjar dengan alat musiknya,yaitu rebab,suling,gambang,dan gender. 

J. Musik Tradisional Sulawesi Utara Sulawesi Utara memiliki jenis musik berikut ini. 
1)      Musik Daerah Minahasa Musik daerah Minahasa yang terkenal adalah kolintang.Kolintang merupakan alat musik yang terbuat dari bilahan kayu.Musik kolintang menggunakan tangga nada diatonis.Cara memainkannya di pukul dengan alat. 
2)      Musik Daerah Sanggihe-Talaud Musik di daerah ini mendapat pengaruh dari agama Kristen.Alat-alat musik yang digunakan,yaitu garpu tala dari bambu,suling bambu(bansi),tegonggong(gendang kulit),salude(semacam siter yang memiliki dua dawai),serta arababu(seperti siter). 

K. Musik Tradisioanl Sulawesi Selatan(Makassar) Sulawasi Selatan memiliki dua jenis musik tradisional,yaitu musik daerah Makassar  dan musik daerah Bugis. 
1)      Musik Daerah Makassar Musik daerah Makassar disebut sebagai musik genrang bulo.Musik ini semacam gendang tanpa kulit.Cara memainkannya dengan car di pukul pada suatu benda. 
2)      Musik Daerah Bugis Musik daerah Bugis dinamakan idiokordo.Pada jenis musik tradisional daerah Makassar dan Bugis sama-sama menggunakan alat musik sebagai berikut. 
a)      Gendang(genderang dan terbang atau rebana). 
b)      Keso merupakan alat musik semacam rebab dengan dua dawai. 
c)       Kecapi (Makassar) atau Kacaping(Bugis). 
d)      Alat musik tiup terdiri atas puwi-puwi (hobo),basing-basing(klarinet),basing Bugis (suling kembang).
e)      Papandi atau talindo merupakan alat musik dengan satu dawai.

L. Musik Tradisional Bali Musik tradisional Bali memiliki kemiripan dengan musik tradisional Jawa yaitu musik gamelan.Perbedaannya terletak pada resonator an bentuk dari gamelan(instrumen gamelan). 
1)      Gamelan Bali,resonatornya lebih tinggi daripada gamelan Jawa. 
2)      Instrumen gamelan Bali lebih kecil dari gamelan Jawa 
3)      Gamelan Bali cara memainkan iramanya lebih cepat atau dinamis di bandingkan gamelan Jawa. 

M. Musik Tradisional Nusa Tengara Barat Musik tradisional Nusa Tenggara Barat terdiri atas musik daerah Bima dan musik daerah Sumba. 
1)      Musik Daerah Bima Musik daerah Bima mendapat pengaruh dari musik Jawa sehingga memiliki jenis alat musik yang beranekaragam .Alat musiknya,seperti gaputala,bambu,silu(hobo),saroni(sejenis suling bambu menggunakan ban),idiokordo empat dawai,muri(klarinet dari daun),dan genggong(jeuharp) 
2)      Musik Daerah Sumba Jenis musik daerah Sumba lebih mengutamakan pada vokalis atau penyanyi.Ciri khasnya adalah nyanyian para wanita.Alat musik yang di gunakan antara lain jungga(merupakan musik tiup),siuling hidung,katala(sejenis gong),dan lamba(gendang satu kulit). 

N. Musik Tradisional Nusa Tenggara Timur Nusa Tenggara Timur memiliki alat musik yang khas,yaitu sebagai berikut. 
1)      Sasando merupakan alat musik siter yang terbuat dari bambu yang terdiri atas 36 dawai yang di buat dari logam,sedangkan resonatornya di buat dari daun palem yang di susun atau di rangkai dalam bentuk mangkok yang meliputi siter.Sasando merupakan alat musik yang berasal dari P.Rote Nusa Tenggara Timur.Cara memainkannya dengan di petik.Alat musik ini hampir sama dengan gitar. 
2)      Dadako merupakan alat musik yang sumber bunyinya dari tali.Dadako dimainkan dengan cara di pukul pada suatu benda. 
3)      Alat musik yang lain seperti,bobi atai foe/semaku(sejenis suling),gong kecil,bibiliku pihar(gendang satu kulit),puwi-puwi atau hilu/kabarung(sejenis suling yang menggunakan ban). 

O. Musik Tradisional Maluku Maluku memiliki alat musik tradisional yang hampir sama di setiap daerahnya,yaitu sebagai berikut. 
1)      Tifa (semacam gendang). 
2)      Idiokordo yang dinamakan tatabuhan. 
3)      Gong. 
4)      Arababu (rebab dengan resonatornya dan tempurung).
5)      Korno,yaitu alat musik tiup yang di buat dari siput dan di namakan fuk-fuk. 

  P. Musik Tradisional Papua Musik tradisional Papua mendapat pengaruh dari Maluku karena letaknya berdekatan.Alat musiknya yang unik dan khas dari papua,yaitu genderang dengan hiasan pahatan,pewarnaan yang artistik,dan kulitnya dari kulit biawak yang di sebut tifa.Alat musik yang lain yaitu sekakas merupakan alat musik yang di gunakan untuk perburuan ikan hiu di laut.alat-alat musik yang lain pada umumnya sama seperti daerah maluku,yaitu rebab,gong,dan rebana.

0 komentar:

Posting Komentar