Pages

Subscribe:

Jumat, 25 Januari 2013

ALIRAN MUSIK



Music pop

Musik Indonesia pop sudah ada sejak zaman nenek moyang. Musik pop Indonesia berasal dari singkatan “populer”. Musik pop Indonesia ini
berkembang sekitar tahun 60an dan banyak digemari oleh masyarakat khusunya anak-anak muda atau remaja. Musik pop Indonesia merupakan sebuah aliran musik dari musik populer  yang berasal dari bentuk modern tahun 50an, yang dulunya berasal dari rock and roll. Musik pop Indonesia umumnya dianggap sebagai sebuah aliran musik yang
komersial karena memiliki daya tarik audiens massa yang sangat banyak.



Musik pop Indonesia memiliki ciri pada penggunaan ritme yang terasa bebas, dengan mengutamakan permainan gitar bass dan drum. Biasanya, para musisi juga menambahkan aksesoris dan gaya yang beraneka ragam dengan tujuan untuk menambah daya tarik dan pemahaman bagi para peminatnya. Musik pop sendiri dibedakan atas musik pop untuk anak-anak dan musik pop untuk dewasa.
Musik pop anak biasanya memiliki bentuk yang lebih sederhana dan mempunyai syair yang sedikit lebih pendek. Sedangkan pada musik pop dewasa biasanya lebih kompleks dengan alunan melodinya lebih bebas dengan improvisasinya yang lebih banyak, tetapi
agak lebih ringan. Pada tema syairnya juga lebih bervariasi, mulai dari kehidupan remaja, masalh kritik sosial, dan percintaan. Beberapa musisi dan group band di Indonesia yang terkenal adalah Chrisye (Alm), Katon Bagaskara, Titiek Puspa, Melly Goeslow, untuk group band sendiri adalah Noah, Ungu, Slank, dan masih banyak yang lainnya.

Musik rock

Musik Rock adalah salah satu genre dalam khasanah musik populer dunia yang biasanya didominasi oleh vokal, gitar, drum, dan bas. banyak juga dengan penambahan instrumen seperti keyboad, piano maupun synthesizer. Musik rock biasanya mempunyai beat yang kuat dan didominasi oleh gitar, baik elektrik maupun akustik.
 Pondasi dari musik rock adalah rock and roll dan rockabilly di era 50an. pada akhir 60an banyak terjadi percampuran genre musik lain dengan musik rock. Musik folk bercampur menjadi Folk Rock, Musik blues bercampur menjadi Blues Rock dan musik jazz menjadi Jazz-Fussion Rock. Dan pada tahun 70an rock berkembang menjadi beberapa subgenre seperti soft rock, hard rock, heavy metal dan punk. Di era 80an berkembang lagi beberapa subgenre seperti glam metal, synth rock, trash metal, hardcore punk, alternative rock. Di era 90an subgenre baru yaitu grunge style rock, britpop, indie rock, piano rock dan nu metal. Berikut beberapa aliran besar dalam musik rock.
Hard Rock
Genre musik rock yang berakar pada musik pertengan 60a yaitu garage dan psychedelic rock dan banyak keterpengaruhan dari musik blues. Hard rock banyak didominasi oleh gitar elektrik, bas gitar dan drum. Peran gitaris biasanya terbagi dua yaitu lead guitar dan rythm guitar, lead guuitar akan menampilkan guitar solo pada beberapa bagian dari lagu sedangkan peran rythm guitar lebih sebagai pelengkap lead guitar. Bas gitar dan drum berfungsi untuk membangun struktur dari musik hard rock itu sendiri. Beberapa grup musik hard rock terkemuka seperti : AC/DC, AC/DC, Aerosmith, The Who, Thin Lizzy, Guns N' Roses, Nazareth, Van Halen dan Kiss sedangkan grup musik seperti led zeppelin dan deep purple adalah "pelintas batas" antara hard rock dan heavy metal
Heavy Metal
Sebenarnya hard rock dan heavy metal tidak beda jauh dalam hal bermusik makanya banyak pelintas batas antara keduanya, musik heavy metal hanya lebih cepat dalam musiknya. Musik ini dipelopori oleh led zeppelin, deep purple dan black sabbath. penerusnya seperti Judas Priest, Iron maiden, metallica, megadeth, Slayer, W.A.S.P, dll. Ciri tema dari lirik heavy metal adalah tentang sex, kekerasan, fantasi dan mistis.
Punk Rock
Aliran ini lebih pada pemberontakan anak muda terhadap kemapanan. punk rock lebih pada idiologi daripada kemampuan bermusik, seperti kalo kita mendengarkan lagu2nya sex pistols yang sangat ancur dan tanpa harmonisasi bahkan dalam pertunjukan live nya sering basnya diganti dibelakang layar karena pemain aslinya biasanya teler berat dan udah pasti sangat ngawur sekali banget-banget. Pelopor musik ini adalah Ramones, Sex Pistols, dan The Clash penerusnya banyak sekali di era 2000an kayak green day tapi kurang liar.
Glam Metal
Sering juga disebut sebagai Hair Metal karena kecenderungan dari personil band nya yang berambut panjang dan gaya berpakaiannya yang glamour dan make up nya. secara musik glam metal gak beda jauh dengan heavy metal hanya saja ada perbedaan dalam lirik yang lebih cenderung hedonistik seperti masalah sex, minuman dan obat. Grup band yang masuk ke aliran ini adalah motley crue, deff lepard, quiet riot, dokken, twisted sister,poison, cinderella,warrant, bon jovi dll.
Banyak lagi aliran dalam rock yang belum dibahas tapi nanti akan terlalu panjang dan membosankan, intinya adalah dengan mengetahui sejarah dan filosofi dari musik membuat kita tidak langsung serta merta memproklamirkan sebuah lagu menjadi masuk ke dalam musik rock seperti lagu isabella karya search, sebuah lagu melayu yang dibalut distorsi gitar. Juga jangan sampai di ledek "muka kencang (sangar), musik kendor (merintih-rintih)

Jazz

Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz.Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.Musik jazz banyak menggunakan instrumen gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Salah satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopasi.musik marching band Eropa Sumber kebudayaan: Afrika Barat; musik Afrika-Amerika era 1910-an, New Orleans.
Alat musik yang biasa digunakan: Gitar – Gitar bass – Saksofon – Trombon – Piano – Klarinet – Terompet – Double bass – Drum – Vokal Popularitas mainstream: Sporadis; kebanyakan dalam bentuk pop seperti swing; juga semakin berpengaruh dalam bentuk-bentuk musik populer seperti yang dinamakan "perpanjangan jazz", misalnya rhythm and blues, soul, neo soul, quiet storm, cool jazz, dan smooth jazz Bentuk turunan: Jazz Latin – Swing – Mini-jazz Subgenre Avant-jazz – Bebop – Chamber jazz – Cool jazz – Creative jazz – Dixieland – Free jazz – Gypsy jazz – Hard bop – Jazz fusion – Milo jazz – Modal jazz – M-Base – Smooth jazz – Soul jazz Trad jazz Genre campuran (fusion) Acid jazz – Calypso jazz – Jazz blues – Jazz fusion – Jazz rap – Nu jazz – Smooth jazz

Musik Blues

Asal Usul Musik Blues Asal Usul Musik Blues Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Afrika-Amerika masyarakat di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari spirituil, lagu kerja, hollers lapangan, teriakan, dan narasi sederhana berirama balada. The blues di mana-mana... dalam bentuk jazz , R&B , dan rock n roll dicirikan oleh progresif kord tertentu dengan bar blues dua belas progresi akord yang paling umum dengan catatan biru, mencatat bahwa untuk tujuan ekspresif yang dinyanyikan atau dimainkan secara bertahap rata atau menekuk (minor 3 untuk 3 besar) sehubungan dengan lapangan dari skala besar. Genre blues didasarkan pada bentuk blues tetapi memiliki karakteristik lain seperti lirik tertentu, garis bass dan instrumen. Blues dapat dibagi menjadi beberapa subgenre mulai dari negara untuk blues perkotaan yang lebih atau kurang populer selama periode yang berbeda dari abad ke-20. Paling dikenal adalah Delta, Piedmont, dan gaya blues Chicago. Perang Dunia II menandai transisi dari akustik ke electric blues dan pembukaan progresif musik blues ke khalayak yang lebih luas. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, terbentuk suatu hibrida yang disebut revolusi blues rock. Istilah "blues" mengacu pada "Blues Devil", yang berarti melankolis dan kesedihan, penggunaan awal istilah dalam pengertian ini ditemukan pada George Colman s 'satu babak sandiwara Blue Devils (1798). Meskipun penggunaan frase dalam musik Amerika Afrika mungkin lebih tua, telah dibuktikan sejak tahun 1912, ketika Hart Wand s '" Dallas Blues "menjadi hak cipta pertama komposisi blues. Lyrics frase sering digunakan untuk menggambarkan suasana hati tertekan . Musik blues berangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS. Penggunaan blue note dan penerapan pola call-and-response (di mana dua kalimat diucapkan/dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan..

Musik REGGAE

Kata “REGGAE” sendiri diduga berasal dari pengucapan dalam logat afrika dari kata “RAGGED” atau gerak kagok seperti hentakan badan pada orang yang menari dangan iringan musik ska atau reggae. Irama musik reggae sendiri dipengaruhi oleh elemen music R&B yang lahir di New Orleans, Soul, Rock, ritmik Afro-Caribean (calypso, meringue, rhumba) dan musik rakyat jamaika yang di sebut dengan mento yang kaya dengan irama afrika. Musik reggae sendiri pada awalnya lahir di sebuah jalanan Getho (perkampungan kaum rastafaria) di Kingston, ibu kota jamaika. Dan disinilah yang menimbulkan gaya rambut gimbal menghiasi para musisi reggae, awal lagu reggae sendiri sarat akan muatan rastafari yaitu kebebasan, perdamaian, keindahan alam, dan gaya hidup yang bohemian.
Teknik para musisi ska dan rocksteady dalam memainkan alat musik, banyak ditirukan oleh para musisi reggae, tetapi dengan tempo yang lebih lambat dengan dentum bass dan rhythm guitar yang lebih menonjol, karakter vokalnya pun biasanya lebih berat dengan pola lagu yang seperti pepujian (Chant), dan di pengaruhi pula oleh irama tetabuhan, cara menyanyi dan mistik dari rastafari. Teknik musik yang lebih lambat mendukung penyampaian pesan melalui lirik lagu yang terkait dengan tradisi religi rastafari.
Album “Catch A Fire” di tahun 1972 yang di luncurkan oleh Bob Marley and The Wailers dengan cepatnya melambungkan musik reggae hingga keluar jamaika. Dan dengan adanya film The Harder They Come di tahun 1973 yang dimainkannnya irama musik reggae oleh para musisi kulit putih seperti Eric Clapton, Paul Simon, Lee ‘Scratch’ Perry dan UB40 menambah kepopuleran musik reggae, yang kemudian irama musik reggae pun mempengaruhi aliran-aliran musik yang lainnya.

BOB MARLEY

Bob Marley sendiri terlahir dengan nama Robert Nesta Marley pada February 1945 di St. Ann, Jamaika. Bob Marley berayahkan seorang kulit putih dan mempunyai ibu yang kulit hitam. Di tahun 1950 Bob beserta keluarganya pindah ke ibukota jamaika, dan di kota inilah Bob mempunyai obsesi terhadap musik sebagai profesi. Di saat itu Bob Marley sering mendengarkan musik R&B dan soul, yang kemudian hari menjadi inspirasi irama musik reggae. Selain itu juga di jalanan Kingston Bob Marley menikmati hentakan irama ska dan steadybeat dan kemudian mencoba memainkan sendiri di studio-studio musik kecil di Kingston.
Bersama Peter McIntosh dan Bunny Livingston, Bob Marley membentuk sebuah sebuah grup band yang di beri nama The Wailing Wailers yang mengeluarkan album perdana mereka di tahun 1963 dengan hit “Simmer Down”, lirik lagu mereka mengisahkan tentang “Rude Boy” atau anak-anak muda yang mencari identitas diri dan menjadi berandalan di jalanan kota Kingston.
Di pertengahan 60-an the Wailing Wailers bubar sehingga membuat Bob Marley patah arang dan kemudian memtusukan berkelana ke Amerika. Di april 1966, Bob kembali ke jamaika dan saat itu bertepatan dengan kunjungan HIM Haile Selassie I (Raja Ethiopia) ke jamaika untuk bertemu dengan penganut rastafari, dan karisma sang raja membuat bob marley menjadi penghayat ajaran rastafari di tahun 1967, dan bersama band barunya The Wailers, Bob Marley menyuarakan nilai-nilai ajaran rasta melalui reggae. Penganut rastafari pun menganggap Bob Marley menjalankan peran profetik seperti halnya para nabi menyebarkan inspirasi dan nilai rasta melalui lagu-lagunya.
Di tahun 1978, Bob Marley menerima medali perdamaian dari PBB sebagai penghargaan atas upayanya mempromosikan perdamaian melalui lagu-lagunya, namun sayang, penyakit kanker mengakhiri hidup Bob Marley pada 11 mei 1981 di usia 36 tahun di rumah sakit Miami, AS, seusai menggelar konser di Jerman.

DREADLOCK

Rambut gimbal atau lazimnya disebut dengan “Dreadlocks” menjadi titik perhatian dalam musik reggae. Saat ini dreadlock selalu di identikan dengan musik reggae, sehingga kebanyakan orang menganggap para pemusik reggae yang melahirkan model rambut gimbal tersebut, tapi padahal jauh sebelum kemunculan musik reggae gaya rambut gimbal telah mengalami sejarah yang panjang.
Di tahun 1914 Marcus Gavey memperkenalakan gerakan religi dan penyadaran identitas kaum kulit hitam lewat UNIA. Aspek spiritualis rambut gaya gimbal dalam agama hindu dan kaum tribal afrika di adopsi oleh pengikut gerakan ini, mereka menyebeut diri sebagai kaum “Dread” dan menyatakan memilki rasa gentar dan hormat kepada tuhan, dan rambut gimbal para dread lah yang memunculkan istilah dreadlocks. Saat rastafari menjadi religi yang di kukuhi di tahun 1930-an dreadlocks juga menjelma menjadi simbiolisasi sosial rasta.
Simbiolisasi ini sangat telihat di tahun 1930-an, jamaika mengalami gejolak social dan politik, sehingga kelompok rsata pun merasa tidak puas terhadap kondisi sosial dan pemerintah. Dan mereka pun membentuk masyarakat sendiri yang tinggal di tenda-tenda didirikan di antara semak belukar. Kaum ini memiliki tatanan nilai dan praktek keagamaan sendiri, termasuk memelihara rambut gimbal. Namun di pertengahan 1960-an perkemahan kelompok rasta ditutup dan mereka dipindahkan ke daerah Kingston, seperti di daerah Trench Town dan Grenwich, tempat dimana musik reggae lahir.

Sejarah Musik REGGAE

Ketika musik reggae memasuki arus besar di dunia pada akhir tahun 1970-an, sosok Bob Marley dengan rambut gimbalnya menjadi icon baru yang di puja-puja. Dreadlock pun dengan segera menjadi sebuah tren baru di dunia tata rambut dan cenderung lepas dari nilai spiritualisnya. Apalagi di tahun 1990-an dreadlocks mewarnai musisi-musisi rock dan menjadi bagian dari fashion dunia. Tapi meskipun sekarang identik dengan fashion secara mendasar dreadlock tetap menjadi bentuk ungkapan semangat anti kekerasan, anti kemapanan, dan solidaritas untuk kalangan kaum minoritas yang tertindas. Itulah mungkin sedikit ulasan tentang Sejarah Musik REGGAE.

0 komentar:

Posting Komentar