Pages

Subscribe:

Kamis, 31 Januari 2013

FUNGSI MUSIK



Sebenaernya fungsi dari music sangat banyak sekali, bahakn sampai ada ungkapan tiada hari tanpa music, ini sudah menunjukkan bahwa untuk zaman yang sudah modern ini music bukan hanya kebutuhan yang tersier atau bahkan sekunder, tetapi sudan menjadi gaya hidup (live style). Berikut ini saya akan memaparkan beberapa dari sebagian kecil dari fingsi music:
1.   Fungsi pengungkapan emosional
Disini musik berfungsi sebagai suatu media bagi seseorang untuk mengungkapkan perasaan atau emosinya. Dengan kata lain si pemain dapat mengungkapkan perasaan atau emosinya nelalui musik.
2.  Fungsi penghayatan estetis (idealis)


Musik merupakan suatu karya seni. Suatu karya dapat dikatakan karya seni apabila dia memiliki unsur keindahan atau estetika di dalamnya. Melalui musik kita dapat merasakan nilai-nilai keindahan baik melalui melodi atupun dinamikanya.
3.  Fungsi hiburan (intertainment)
Musik memiliki fungsi hiburan mengacu kepada pengertian bahwa sebuah musik pasti mengandung unsur-unsur yang bersifat menghibur. Hal ini dapat dinilai dari Melodi ataupun liriknya.
4.  Fungsi komunikasi.
Musik memiliki fungsi komunikasi berarti bahwa sebuah musik yang berlaku di suatu daerah kebudayaan mengandung isyarat-isyarat tersendiri yang hanya diketahui oleh masyarakat pendukung kebudayaan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari teks atau pun melodi musik tersebut.
5.  Media kecerdasan (Intelegensi)
Otak manusia terbagi menjadi otak kanan dan otak kiri. Keseimbangan
dua bagian otak tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan manusia.
Otak kiri merupakan pengendali fungsi intelektual, sedangkan otak kanan
pengendali fungsi spontanitas dan mental.Musik dapat dijadikan
sebagai alat penyeimbangan otak kiri. Daya estetis musik dapat
dimanfaatkan sebagai penambah intelegensi (IQ).
6.  Pengiring dan penyuasanaan
Unsur irama dalam musik dapat berpengaruh pada perasaan seseorang untuk
melakukan gerakan-gerakan indah dalam tarian.
Musik juga bisa di gunakan untuk menyuasanakan keadaan tertentu.
7.  Fungsi Pelestari Kebudayaan
Lagu-lagu daerah banyak sekali berfungsi sebagai pelestari budayanya, karena tema-tema dan cerita di dalam syair menggambarkan budaya secara jelas.Syair-syair lagu sering juga berasal dari pantunpantun yang biasa dilantunkan oleh masyarakat adat dan daerah-daerah di Indonesia.



1 komentar:

Unknown mengatakan...

tempat download lagunya mana mas bro ?????
supaya lengkap gito

Posting Komentar